MAHASISWA KKN IK IAIN KUDUS IKUT SERTA DALAM KEGIATAN POSYANDU DI DESA GAJIHAN

  • Oct 05, 2021
  • gajihan
  • BERITA

                Sehubungan dengan adanya program KKN IK IAIN Kudus tahun 2021, Mahasiswa  KKN IK IAIN Kudus ikut serta dalam beberapa kegiatan yang ada di desa yang di tempati oleh tim KKN IK. Salah satu kegiatan yang di ikuti oleh Tim KKN IK yang bertempat di desa Gajihan kecamatan Gunungwungkal kabupaten Pati ialah ikut serta dalam kegiatan posyandu. Di desa Gajihan sendiri kegiatan posyandu dilaksanakan setiap bulannya pada tanggal 11. Adapun pusat pelaksanaan posyandu di desa Gajihan yaitu bertempat di Puskesdes desa Gajihan.  Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu atau yang dikenal dengan istilah Posyandu merupakan suatu kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

Adapun bentuk-bentuk program dalam pelaksanaan posyandu diantaranya yaitu :
  1. Program kesehatan Ibu hamil
  2. Program kesehatan anak
  3. Keluarga berencana (KB)
  4. Imunisasi
  5. Pemantauan status gizi.
Adapun manfaat diselenggarakannya Posyandu diantaranya sebagai berikut :
  1. Memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit
  2. Memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk
  3. Mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, sehingga penanganan dapat segera dilakukan.
  4. Memberikan imunisasi lengkap.
  Antusiasme masyarakat Gajihan terhadap kegiatan posyandu dapat dikatakan sudah baik hal ini dibuktikan dengan hadirnya sekitar 70 orang dari kalangan ibu hamil dan balita dalam pelaksanaan posyandu tersebut. Selain itu tingkat pengetahuan dan perhatian masyarakat terhadap kesehatan yang semakin meningkat juga menjadi faktor antusiasme masyarakat terhadap pelaksanaan program posyandu.                                                                       Team penulis KKN IK IAIN Kudus : Ahmad sholihul Jamal & Misbahul munir