Kegiatan POSBINDU di Desa Gajihan

                Setiap tanggal 15 pemerintah desa gajihan bersama Tim kesehatan desa mengadakan kegiatan monitoring kesehatan warga yang diberi nama POSBINDU yang bertempat di balai desa Gajihan’

Kegiatan ini merupakan bentuk upaya dari pemerintah desa untuk meningkatkan kesehatan warga supaya tidak mudah terjangkit penyakit.

Posyandu lansia / kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengertian usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 60 tahun keatas.
Tujuan Posyandu Lansia

Tujuan pembentukan posyandu lansia secara garis besar antara lain :
a. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia
b. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Sasaran Posyandu Lansia 
1. Sasaran langsung
Kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun)
Kelompok usia lanjut (60 tahun keatas)
Kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun ke atas)

Jenis Pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada usia lanjut di Posyandu Lansia Desa Gajihan adalah:

  1. Menimbang berat badan
  2. Mengukur tekanan darah
  3. Cek kolesterol
  4. Cek asam urat
  5. Cek Gula darah
  6. Senam sehat
  7. Pemberian obat

Tercatat kurang lebih 30 orang warga yang antusias dalam kegiatan tersebut dan setiap bulannya semakin bertambah.  Kegiatan ini sangat dibutuhkan warga dan sangat efektif Karena membantu warga dalam bidang kesehatan terutama penyakit yang memang harus dikontrol setiap bulannya serta membantu bagi warga yang tidak memiliki biaya untuk berobat, maka kegiatan seperti ini memang sangat efektif.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi setempat seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi lanjut usia dan kegiatan olah raga seperti senam lanjut usia, gerak jalan santai untuk meningkatkan kebugaran.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan